KOPAPDI XVIII SEMARANG, 13-17 Juli 2022

Sabtu, 16 Juli 2022

DSC04991.jpg

cover1.jpg

DSC05045.jpg

Setelah tertunda satu tahun karena pandemi COVID-19, akhirnya Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) berhasil melaksanakan perhelatan akbar Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (KOPAPDI) XVIII di Kota Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 13-17 Juli 2022. Kegiatan diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kongres Nasional ini merupakan forum tertinggi organisasi PAPDI. Rangkaian acara dimulai dengan sidang organisasi selama dua hari tanggal 13-14 Juli 2022, yang dihadiri oleh utusan PAPDI Cabang seluruh Indonesia.

Terdapat lima komisi yang membahas berbagai bidang dalam organisasi PAPDI, sebagai berikut:
1. Komisi 1: membahas Bidang Organisasi dan Bidang Advokasi, dipimpin oleh dr. Mardianto, SpPD, K-EMD, FINASIM (ketua) dan dr. Haeril Aswar, SpPD, FINASIM (sekretaris).
2. Komisi 2: membahas Bidang Etik dan Medikolegal, Bidang Kerja Sama dan Kemitraan, serta Bidang Humas, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat, dipimpin oleh dr. Wasis Udaya, SpPD, K-Ger (ketua) dan Dr. dr. Arina Widya Murni, SpPD, K-Psi, FINASIM (sekretaris).
3. Komisi 3: membahas Bidang Pengembangan Profesi dan Penelitian, Badan Khusus (EIMED, Satgas Imunisasi Dewasa, Perwakilan Perhimpunan Seminat, Acta Medica Indonesiana), dipimpin oleh dr. Agus Joko Susanto, SpPD, K-AI, FINASIM (ketua) dan Dr. dr. Soroy Lardo, SpPD, K-PTI, FINASIM (sekretaris).
4. Komisi 4: membahas Bidang Spesialisasi (Sp I), dipimpin oleh Dr. dr. Deddy Nur Wachid Achadiono, SpPD, K-R, FINASIM, M.Kes (ketua) dan Dr. dr. Muhammad Darwin Prenggono, SpPD, K-HOM, FINASIM (sekretaris).
5. Komisi 5: membahas Bidang Subspesialis (Sp II) dipimpin oleh dr. Faridin HP, PhD, SpPD, K-R, FINASIM (ketua) dan dr. Perdana Aditya Rahman, SpPD, K-R (sekretaris).

Secara aklamasi terpilih Dr. dr Sally Aman Nasution, SpPD, K-KV, FINASIM, FACP menjadi Ketua Umum PB PAPDI Periode 2022-2025 dan Dr. dr Irsan Hasan, SpPD, K-GEH, FINASIM sebagai Ketua Umum KIPD Periode 2022-2025. Keduanya dipercaya untuk melanjutkan kepemimpinan untuk kedua kalinya, setelah berhasil menyelesaikan tugas kepengurusan periode 2018-2022.

DSC04868.jpg

foto bersama sidang kopapdi (5).JPG

Untuk pelaksanaan KONKER XVI 2024 dan KOPAPDI XIX 2025 selanjutnya telah ditetapkan yaitu :
1. PAPDI Cabang Sumatera Utara sebagai tuan rumah KONKER XVI PAPDI pada tahun 2024
2. PAPDI Cabang Bali sebagai tuan rumah KOPAPDI XIX pada tahun 2025.

Setelah menuntaskan kegiatan organisasi (13-14 Juli 2022), maka dilaksanakan sesi kegiatan ilmiah yang berlangsung secara hybrid. Opening Ceremony Kegiatan Ilmiah KOPAPDI XVIII Semarang dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada Jumat 15 Juli 2022 bertempat di PO Hotel Semarang. Pada momen ini, Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI), Dr. dr Sally Aman Nasution, SpPD, K-KV, FINASIM, FACP memaparkan posisi PAPDI yang sangat mendukung program Kementerian Kesehatan RI yang mengusung transformasi kesehatan di Indonesia.

 

IG: @pbpapdi
FB: @PerhimpunanPAPDI
Website: www.papdi.or.id