Penyaluran Donasi PAPDI PEDULI SEMERU 2022

Senin, 24 Januari 2022

malang semeru 2022 (4).jpg

Penyaluran Donasi PAPDI PEDULI SEMERU dan Penandatanganan Kerjasama PAPDI Cabang Malang dengan Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang dalam Pembangunan Shelter (Hunian Sementara/Huntara) bagi Korban Terdampak Erupsi Gn. Semeru

 malang semeru 2022 (3).jpg

malang semeru 2022 (5).jpg

Erupsi Gunung Semeru tanggal 04 Desember 2021 telah menimbulkan dampak yang besar terutama bagi warga yang hidup disekitarnya. Banyaknya korban terdampak yang kehilangan tempat tinggal akibat timbunan pasir dari erupsi Gunung Semeru, mengakibatkan banyak warga harus tinggal di tempat lain.

Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Cabang Malang sebagai salah satu organisasi profesi dokter terdekat dengan lokasi bencana melakukan aksi cepat tanggap (Fast Response) dalam menanggapi terjadinya bencana erupsi Gunung Semeru dengan melakukan kegiatan penyaluran bantuan secara langsung ke lokasi terdampak yaitu desa Sumberwuluh dan Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang pada 05 Desember 2021.

malang semeru 2022 (6).jpg

malang semeru 2022 (8).jpg

Selain itu, PAPDI Cabang Malang juga melakukan kegiatan penggalangan dana dalam PAPDI PEDULI SEMERU. Kegiatan penggalangan dana yang dibuka sejak 05 Desember 2021 sampai saat ini masih terus berjalan dan dana yang telah terkumpul adalah sebesar Rp 302.251.934,- dan masih terus bertambah. Donasi yang diterima tidak hanya dari anggota PAPDI Cabang Malang tetapi juga berasal dari organisasi/perkumpulan lain dari seluruh Indonesia, seperti Pengurus Besar PAPDI Jakarta, PAPDI Yogyakarta, KOPAPDI Semarang, PAPDI Semarang, Alumni FK UNPAD Bandung Angkatan 2001, perkumpulan wali santri Pondok Tahfidz Al-Hikmah Bogor, dan donatur-donatur yang lainnya.

Dalam rangka penyaluran donasi tersebut, PAPDI Cabang Malang bekerjasama dengan Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang dalam pembangunan Integrated Community Shelter (ICT), khususnya hunian sementara (Huntara) bagi korban terdampak dengan total target pembuatan 32 shelter dan sebagai langkah awal PAPDI Cabang Malang akan membangun 10 shelter di daerah relokasi yang bertempat di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.  

 malang semeru 2022 (9).jpg

malang semeru 2022 (10).jpg

Kegiatan penyaluran donasi PAPDI PEDULI SEMERU ini dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Januari 2022 bertempat di ruang Morning Report PPDS Dept./SMF Ilmu Penyakit Dalam FKUB – RSSA Malang dan berlangsung secara Hybrid (daring dan luring). Dihadiri secara luring oleh perwakilan pengurus PAPDI Cabang Malang, perwakilan pihak ACT Malang dan teman-teman dari media massa. Acara juga dapat disaksikan langsung secara daring/online bagi segenap pengurus dan anggota PAPDI Cabang Malang yang tersebar di berbagai daerah di Jawa Timur.

Dalam rangkaian acara penyerahan donasi dan penandatanganan Kerjasama tersebut, acara dibuka oleh MC yaitu dr. Milanitalia Gadys Rosandy, SpPD dan Dr. dr. Atma Gunawan, SpPD, K-GH, FINASIM sebagai Ketua PAPDI Cabang Malang memberikan sambutan pertama. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Branch Manager ACT Malang, Abidin Hanif S.ip, pembacaan doa dan acara inti yaitu penandatanganan MOU Kerjasama PAPDI Cabang Malang dan ACT Malang (bertindak sebagai saksi adalah dr. Djoko Heri Hermanto, SpPD, K-HOM, FINASIM – PAPDI Cabang Malang  dan  Arrifaturrizqi Al Khoiry – ACT Malang) serta simbolis penyerahan donasi tahap awal PAPDI PEDULI SEMERU sejumlah Rp 284.000.000, - guna pembangunan 10 shelter atau hunian sementara (Huntara) di daerah relokasi yaitu Desa Sumbermujur, Kec. Candipuro, Kab. Lumajang – Jawa Timur, dari total target 32 shelter yang nanti akan dibangun. Acara ditutup dengan photo bersama dan press conference bersama dengan teman-teman dari media massa.

Kegiatan berlangsung singkat, yaitu dimulai tepat pukul 13.00wib - selesai 14.30wib dan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan

malang semeru 2022 (11).jpg

 

(sumber berita: kiriman tulisan dan foto dari kegiatan PAPDI Cabang MALANG ke email PB PAPDI)
(note: Silahkan sekretariat PAPDI Cabang dapat mengirimkan tulisan berita kegiatan dan foto kegiatan PAPDI Cabang tsb ke email Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya untuk dapat dipublikasikan pada media informasi / website PAPDI)