Hari Hepatitis Dunia tahun 2022 bersama PAPDI Cabang Kalimantan Tengah

Kamis, 28 Juli 2022

PENGABDIAN MASYARAKAT MEMPERINGATI HARI HEPATITIS SEDUNIA
TENTANG “EDUKASI DAN SKRINING PENYAKIT HEPATITIS B DAN C PADA
WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN (WBP) DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN
NARKOTIKA KELAS IIA KASONGAN” PAPDI CABANG KALIMANTAN TENGAH
BERKEKERJASAMA DENGAN FK UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
KAMIS, 28 JULI 2022

 hari hepatitis dunia 28 juli 2022 (10).jpg

 hari hepatitis dunia 28 juli 2022 (6).jpg

Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam INDONESIA (PAPDI) cabang Kalimantan Tengah berkerjasama dengan FK Universitas Palangka Raya. Kamis, 28/07/2022 mulai pukul 09.00 WIB dimulai dengan acara pembukaan dan kata sambutan oleh ketua panitia pelaksana penyelengara dr. Lia Sasmithae, Sp.PD, FINASIM sampai pukul 09.15 WIB dilanjutkan pukul 09.30 WIB  peserta yang mengikuti Edukasi dan Skrining Penyakit Hepatitis B dan C Pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Kasongan sebanyak 50 Peserta Binaan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Banner Edukasi tentang Hepatitis Kepada Kalapas Narkotika Kelas IIA kasongan oleh dr. Lia Sasmithae, Sp.PD, FINASIM, dr. Tisha Patricia Oedoy, Sp.PK & dr. Dian Mutia Sari, M. Kes dan dilanjutkan dengan berdoa bersama pada pukul 09.45 WIB yang dibimbingan langsung oleh Staf Lapas Narkotika Kelas IIA. 

 hari hepatitis dunia 28 juli 2022 (3).jpg

hari hepatitis dunia 28 juli 2022 (4).jpg

Setelah itu dilakukan penyuluhan kepada para peserta, pembukaan penyuluhan mengenai “ APA ITU PENYAKIT HEPATITIS B DAN C” langsung disampaikan oleh dr. Lia Sasmithae, Sp.PD, FINASIM, menjelaskan manfaat kegiatan penyuluhan dan bahaya penyakit Hepatitis B dan  kurang lebih 15menit , Materi selanjutanya Oleh Pembicara II yaitu oleh dr. Dian Muatia Sari, M.Kes dengan Tema : Penyuluhan Tentang “Pencegahan Penyakit Hepatitis B dan C” kurang lebih 15 menit, Materi selanjutanya Oleh Pembicara III yaitu oleh dr. Tisha Patricia Oeday, Sp.PK dengan Tema : Penyuluhan Tentang “Skrining Hepatitis B dan C” kurang lebih 15 menit, Peserta sangat Antusias terlihat saat disuksi interaktif Tanya jawab banyak peserta melakukan pertanyan seputar Hepatitis B dan C Juga bahayanya.

Para peserta, yang merupakan warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Kelas IIA kasongan bertujuan untuk menyampaikan edukasi berupa penyuluhan terkait gejala, cara penularan, pencegahan,pengobatan dan berbagai layanan kesehatan terkait penyakit hepatitis B serta melakukan skrining pemeriksaan HBsAg terhadap WBP dan membagikan X-banner kepada pihak lapas.

 hari hepatitis dunia 28 juli 2022 (1).jpg

 

(sumber berita: kiriman tulisan dan foto dari kegiatan PAPDI Cabang Kalimantan Tengah ke email PB PAPDI)
(note: Silahkan sekretariat PAPDI Cabang dapat mengirimkan tulisan berita kegiatan dan foto kegiatan PAPDI Cabang tsb ke email Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya untuk dapat dipublikasikan pada media informasi / website PAPDI)