PAPDI Cabang Sulawesi Tengah Peduli Masyarakat Terdampak Bencana Banjir Bandang

Selasa, 02 Agustus 2022

PAPDI CABANG SULAWESI TENGAH PEDULI MASYARAKAT TERDAMPAK BENCANA BANJIR BANDANG
di Desa Torue, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah
Minggu, 31 Juli 2022

aksi papdi sulteng banjir bandang 31 juli 2022 (30).jpeg

Pada hari Kamis (28/7/2022) pukul 22.33 WITA, telah terjadi musibah alam bagaimana air bah yang sangat dahsyat menghantam pemukiman penduduk di Desa Torue, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, sehingga menyebabkan banyak rumah roboh dan rusak porak poranda. Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat hingga Jumat (29/7/2022) pukul 11.54 WIB, banjir bandang itu menerjang 450 unit rumah, 11 diantaranya mengalami rusak berat dan 450 Kepala Keluarga/1.800 jiwa terdampak. Selain itu dilaporkan hingga hari Minggu (31/7/2022) tiga orang meninggal dunia dan empat orang masih dinyatakan hilang akibat banjir tersebut.

Pada hari Minggu, 31 Juli 2022 PAPDI Cabang Sulawesi Tengah, dalam hal ini diwakili oleh dr. Muh Junaedi, Sp.PD dan dr. Nusa Purnawan Putra, Sp.PD, melakukan penyerahan bantuan kepada masyarakat yang terdampak. Bantuan ini merupakan bentuk simpati dan kepedulian dari pengurus dan anggota PAPDI Cabang Sulawesi Tengah atas terjadinya bencana alam di wilayah yang berjarak 110 km dari Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah. Saat tiba di lokasi bencana pada pukul 12.00 WITA, PAPDI Cabang Sulawesi Tengah bekerjasama dengan anggota dari IDI Cabang Parigi Moutong (diwakili oleh Sekretaris IDI Cabang dan anggota – dr. A. Sudarmi Pakki, M.AP, dr. Rustam Mangga, dr. Gracia Angelia Masengi, Sp.OG, dr. Indri Mayasari Sesa, dr. Irni Prihandiny, dr. Vino Litasova Wulan Rizka) langsung mengunjungi Posko Induk BPBD Penanggulangan Bencana Banjir Bandang Kecamatan Torue. Di posko tersebut, rombongan diterima oleh Bapak Idran ST, MPW selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong.

aksi papdi sulteng banjir bandang 31 juli 2022 (24).jpeg

aksi papdi sulteng banjir bandang 31 juli 2022 (18).jpeg

Setelah menyampaikan upaya kepedulian PAPDI Cabang Sulawesi Tengah dalam bentuk bantuan dengan total donasi hingga Rp 11.000.000,-, beliau sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas atensi yang diberikan.

Barang donasi yang akan diberikan, setelah dilakukan pencatatan kemudian dikumpulkan ke kantor camat Torue sebagai pusat pengumpulan barang donasi. Dari total donasi yang terkumpul, PAPDI Cabang Sulawesi Tengah telah membelanjakan dalam bentuk barang donasi agar penyerahan kepada masyarakat korban musibah banjir bandang lebih tepat guna dan tepat sasaran. Barang-barang yang didonasikan tersebut adalah pakaian baru layak pakai yang diperuntukkan untuk dewasa dan anak-anak (142 buah), pakaian dalam wanita (24 buah), pakaian dalam anak (12 buah), selimut (34 buah), terpal (3 buah), pasta gigi (144 buah), sikat gigi (72 buah), minyak goreng (48 botol), susu formula anak dan bayi (48 buah), telur (90 butir), makanan bayi (2 karton), mie instan (200 bungkus), sampo (252 sachet), sabun mandi (216 buah), sabun cuci (288 karton), makanan biskuit (24 dus), losion anti nyamuk (432 pack), dan minyak kayu putih (72 botol).

Setelah menyerahkan barang donasi perwakilan PAPDI Cabang Sulawesi Tengah dan rombongan juga menyempatkan mengunjungi lokasi terdampak bencana di mana beberapa rumah yang rusak, timbunan lumpur, dan puing-puing sisa potongan kayu yang terbawa banjir masih sebagian terlihat di halaman rumah warga, seolah menjadi saksi bisu bagaimana bencana air bah yang datang mendadak di malam hari ini terjadi. Di Dusun II, Desa Torue, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, salah satu wilayah terdampak bencana, kami diterima oleh Kepala Dusun (Bapak Dody Laode). Sebagian donasi barang kami serahkan juga ke posko bantuan bencana di dusun tersebut. Beliau mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian yang begitu terasa dan sangat diperlukan bagi masyarakat korban bencana. Beliau juga memastikan bahwa penyaluran barang yang telah disumbangkan akan benar-benar adil bagi masyarakatnya. Tak lupa rombongan juga menyempatkan mengunjungi beberapa posko kesehatan yang tersebar di beberapa wilayah terdampak, yaitu Posko Kesehatan Dinas Kesehatan & IDI Cabang Kabupaten Parigi Moutong, Posko Kesehatan RSUD Anuntaloko Parigi, dan Rumah Sehat BAZNAS untuk berdiskusi dengan petugas kesehatan terkait kebutuhan dan ketersediaan obat, angka kunjungan masyarakat korban bencana ke posko kesehatan, dan keluhan kesehatan yang tersering disampaikan oleh warga terdampak.

aksi papdi sulteng banjir bandang 31 juli 2022 (15).jpeg

aksi papdi sulteng banjir bandang 31 juli 2022 (21).jpeg

Perwakilan PAPDI Sulteng juga menyampaikan komitmen kepada rekan sejawat yang bertugas bahwa PAPDI Cabang Sulawesi Tengah selalu siap sedia apabila diperlukan khususnya dalam pelayanan spesialistik terhadap saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana tersebut. Semoga dengan adanya kegiatan ini, PAPDI Cabang Sulawesi Tengah dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak atas musibah banjir ini sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian organisasi, baik secara moril maupun materil. Kami juga menyampaikan turut berduka atas adanya musibah ini, dan kami senantiasa mendoakan agar masyarakat Kecamatan Toure, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, selalu dalam lindungan-Nya dan selalu diberikan semangat untuk kembali bangkit.

aksi papdi sulteng banjir bandang 31 juli 2022 (28).jpeg

*********

(sumber berita: kiriman tulisan dan foto dari kegiatan PAPDI Cabang SULAWESI TENGAH ke email PB PAPDI)
(note: Silahkan sekretariat PAPDI Cabang dapat mengirimkan tulisan berita kegiatan dan foto kegiatan PAPDI Cabang tsb ke email Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya untuk dapat dipublikasikan pada media informasi / website PAPDI)